CONTOH SOAL BIMBINGAN KONSELING
:
- Jelaskan menurut Anda :
a. Apa
itu Bimbingan ?
b. Apa
itu Konseling ?
c. Bimbingan
Konseling (BK) ?
JAWAB
:
- Bimbingan adalah bantuan yang diberikan oleh pembimbing kepada seseorang agar orang yang dibimbing mencapai kemandirian dengan mempergunakan berbagai bahan, melalui interaksi, dan pemberian nasehat serta gagasan dalam suasana asuhan dan bedasarkan norma-norma yang berlaku.
- Konseling adalah upaya seseorang melaui proses interaksi yang bersifat pribadi antara konselor dan konseli mampu memahami diri dan lingkungannya, mampu membuat keputusan dan menentukan tujuan bedasarkan nilai uang diyakininya sehingga konseli merasa bahagia dan berperilaku secara efektif.
- Bimbingan Konseling adalah proses bantuan atau pertolongan yang diberikan oleh pembimbing (konselor) kepada seseorang (konseli) melalui pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, agar konseli memiliki kemampuan atau kecakapan melihat dan menemukan masalahnya serta mampu memecahkan masalahnya sendiri, maupun menerima dirinya sendiri sesuai dengan potensinya, dan mampu memecahkan masalah yang dihadapinya.
- Apakah menurut Anda Bimbingan Konseling di SD/MI itu penting ?jelaskan alasannya ?
JAWAB
:
Sekolah
dasar bertanggung jawab memberikan pengalaman-pengalaman dasar kepada anak,
yaitu kemampuan dan kecakapan membaca, menulis dan berhitung; pengetahuan umum
serta perkembangan kepribadian, yaitu sikap terbuka terhadap orang lain, penuh
inisiatif, kreatifitas, dan kepemimpinan, keterampilan serta sikap bertanggung
jawab guru sekolah dasar memegang peranan dan memikul tanggung jawab untuk
memahami anak dan membantu perkembangan sosial pribadi anak.
Pentingnya
bimbingan adalah proses penemuan diri sendiri. Hal tersebut akan membantu anak
mengadakan penyesuaian terhadap situasi baru, mengembangkan kemampuan anak
untuk memahami diri sendiri dan menerapkannya dalam situasi mendatang.
Bimbingan
bukan lagi suatu tindakan yang bersifat hanya mengatasi setiap krisis yang
dihadapi oleh anak, tetapi juga merupakan suatu pemikiran tentang perkembangan
anak sebagai pribadi dengan segala kebutuhan, minat dan kemampuan yang harus
berkembang.
Bimbingan
tidak hanya pada anak yang bermasalah melainkan pandangan bimbingan dewasa ini
yaitu menyediakan suasana atau situasi perkembangan yang baik, sehingga setiap
anak di sekolah dapat terdorong semangat belajarnya dan dapat mengembangkan
pribadinya sebaik mungkin dan terhindar dari praktik-praktik yang merusak
perkembangan anak itu sendiri.
Jadi,
bimbingan konseling yang ada di SD/MI itu sangat penting karena Bimbingan
Konseling itu tidak hanya mengatasi anak yang bermasalah tafi juga membimbing
perkembangan anak agar pribadi yang baik di masa mendatang.
- Bagaimana pendapat Anda tentang zaman sekarang anak SD/MI sudah mengenal kata pacaran dan bagaimana cara Anda mengatasi hal ini jika Anda menjadi Guru BK ?
JAWAB
:
Menurut
saya, zaman sekarang anak sudah terbiasa dengan perkembangan masa dan teknologi
yang sangat maju, tanpa ada batasan mereka bergaul, tanpa perhatian yang kurang
mereka bisa melakukan apa yang menurut mereka mangasyikkan tanpa mereka sadari
bahwa hal itu tidak baik dan akan berdampak negatif bagi mereka. Mereka melakuan
apa yang mereka mau seperti halnya pacaran tanpa pengawasan lebih dari orang
tua dan guru-gurunya. Menurut saya sebagai guru BK seharusnya kita harus tau
kenapa mereka melakukan yang namanya pacaran sedangkan mereka baru sekolah
SD/MI. ? apakah karena kurang perhatian dan kasih sayang dari lingkungannya
sehingga dia berhasrat ingin mencari perhatian dan kasih sayang dari luar atau
dari orang lain seperti halnya pacaran dia merasa mendapatkan perhatian dan
kasih sayang yang lebih dari pasangannya. Seharusnya ini menjadi perhatian yang
fokos sebagi guru BK bahwa anak SD yang sudah bisa pacaran itu pikirannya
berkembang mendahului usianya. Itu mungkin salah satu kesalahan dari orang
tuanya karena kurang perhatian terhadap anak yang bebas bergaul sampai anak itu
juga ikut-ikut orang melakukan yang namanya pacaran padahal tanpa memikirkan
usia mereka yang masih anak-anak.
Cara
mengatasi hal ini sebagai orang tua dan guru BK kita harus memberikan perhatian
dan pengawasan yang lebih bagi anak agar anak tidak bergaul secara bebas
sehingga mengikuti perkembangan zaman yang mulai merambat pesat. Jamgam sampai
anak itu tumbuh dengan pemikiran yang mendahului usia, itu akan membuat anak
berpikiran seperti halnya orang dewasa sebelum sampai usia. Hal semacam ini
akan merusak generasi anak-anak Indonesia.
- Apa yang akan Anda lakukan jika anda menjadi guru BK dan menghadapi anak yang sangat nakal dan anak pendiam/ kurang terbuka ?
JAWAB
:
Setiap
anak pasti memiliki kelemahan. Anak-anak itu paling tidak sanggup menyimpan apa
yang mereka rasakan jadi untuk kita sebagai guru BK harus pandai dalam
mengambil dan memikat hati mereka sehingga mereka mau mengungkapkan dan
mengeluarkan apa masalah yang sedang mereka hadapi.
Bagi
anak yang sangat nakal kita harus tau apa yang menyebabkan anak itu nakal,
kebanyakan anak nakal itu dia ingin mendapat perhatian lebih karena dia merasa
tidak diperhatikan, bisa jua anak itu nakal karena kurang kasih sayang dari
orang tuanya sehingga membuat pikirannya untuk nakal dan mengganggu orang lain,
bisa juga anak itu korban dari BROKEN HOME, anak merasa sakit hati dan batinnya
terluka sehingga dia berlaku nakal untuk melampiaskan apa yang dia rasa.
Sebagai guru BK kita harus tau akar dari permasalahan yang akan di selesaikan.
Guru BK bisa mencari informasi kepada orang tua, teman-teman sekitar anak nakal
tersebut, atau keluarga dari anak tersebut untuk mendapat penjelasan yang lebih
detil akan permasalahan yang ingin di selesaikan.
Sebagai
guru BK kita harus tau bagaimana cara menghadapi setiap anak yang mempunyai
masalah, jangan sampai kehabisan cara, kecuali masalah itu sudah besar dan
mendalam. Untuk menghadapi permasalahan anak yang kurang terbuka ini mungkin
cukup rumit karena tidak bisa sebagai guru BK menanyakannya secara langsung
kepada anak, sebagai guru BK tidak bisa mewawancarai anak tersebut karena anak
yang pendiam/kurang terbuka itu dia akan sulit mengungkapkan secara langsung
kepada kita, sebaiknya sebagai guru BK dalam menghadapi hal ini sebaiknya
menggunakan tes tertulis tafi pertanyaannya harus menyangkut akan permasalahan
yang ingin di selesaikan. Mungkin akan lebih mudah bagi anak mengungkapkan masalahnya
melalui tes tersebut. Karena anak itu hanya mengungkapkannya lewat tulisan
bukan melalui lisan.
- Sebutkan dan jelaskan Asas-asas bimbingan konseling yang berhubungan denga siswa !
Jawab:
a. Tiap
- tiap siswa mempunyai kebutuhan.
Tiap - tiap siswa sebagai individu
mempunyai kebutuhan yang berbeda baik jasmaniah (fisisk) maupun rohaniah
(psikis). Tingkah laku pada umumnya dalam rangka memenuhi kebutuhan.
b. Ada
perbedaan di antara siswa (Asa Perbedaan Siswa ).
Demikian halnya siswa sebagai individu
mempunyai karakteristik yang berbeda baik fisik maupun psikisnya. Setiap siswa
berbeda dalam hal kemampuan, bakat, minat, kebutuhan, cita-cita, sikap atau
pandangan hidup dan ciri-ciri pribadinya.
c. Tiap
– tiap individu (siswa) ingin menjadi diri sendiri.
Sesuai dengan ciri -ciri karakteristik
pribadinya masing - masing, pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah atau
madrasah harus dapat menghantarkan siswa berkembang untuk menjadikan dirinya
sendiri.
d. Tiap
– tiap individu (siswa) mempunyai dorongan untuk menjadi matang.
Kematangan yang di maksud yang di maksud
di sini ialah kematangan kejiwaan, emosi, dan sosial. Pelayanan bombingan dan
konseling kepada para siswa di sekolah dan madrasah harus berorientasi kepada
kematangan di atas sehingga siswa dapat berkembang sesuai dengan kecenderungan.
e. Tiap
– tiap siswa mempunyai masalah dan mempunyai dorongan untuk menyelesaikannya.
Tidak ada individu (siswa) yang tidak mempunyai masalah. Mungkin
tidak ada pula individu tidak ingin masalahnya diselesaikan. Apalagi individu
siswa yang sedang dalam proses perkembangan, memiliki masalah, yang berbeda
adalah kompleksitas masalahnya yang di alami oleh tiap-tiap siswa.
0 komentar:
Posting Komentar