Contoh RPP Akidah Akhlak


PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                       : Madrasah Ibtidaiyah ....
Mata Pelajaran                      : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester                    : V / Semester II
Jam Pertemuan                     : 1 x 20 menit
I.                   Kompetensi Inti :
1.1.Membiasakan akhlak terpuji
II.                Kompetensi Dasar :
1.1.Membiasakan sikap optimis, qana’ah dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
III.             Indikator :
1.      Mampu memahami akhlak terpuji optimis, qana’ah dan tawakkal.
2.      Mampu menjelaskan akhlak terpuji optimis, qana’ah dan tawakkal.
3.      Mampu membiasakan akhlak terpuji optimis, qana’ah dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Mampu memahami hikmah akhlak terpuji optimis, qana’ah dan tawakkal.
5.      Mampu membiasakan diri berakhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan ditempat umum.
6.      Mampu memahami dan menjelaskan adab ketika ditempat ibadah dan di tempat umum.
7.      Mampu menunjukkan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum.
8.      Mampu memberikan contoh berakhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum.
9.      Mampu membiasakan diri untuk bersikap yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum.
IV.             Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa mampu mendengarkan penjelasan tentang akhlak terpuji optimis, qana’ah dan tawakkal.
2.      Siswa mampu melakukan tanya jawab tentang akhlak terpuji optimis, qana’ah dan tawakkal.
3.      Siswa mampu menjelaskan akhlak terpuji optimis, qana’ah dan tawakkal.
4.      Siswa mampu menerapkan akhlak terpuji optimis, qana’ah dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Siswa mampu mendengarkan penjelasan tentang akhlak yang baik ketika ditempat ibadah dan di tempat umum.
6.      Siswa mampu melakukan tanya jawab tentang akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum.
7.      Siswa mampu menjelaskan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum.
8.      Siswa mampu menerapkan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum dalam kehidupan sehari-hari.
V.                Materi Ajar :
Akhlak terpuji (optimis, qana’ah dan tawakkal) serta berakhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum.
VI.             Kegiatan Pembelajaran :
A.    Kegiatan Awal (3 Menit)
1.      Mengucapkan salam.
2.      Membaca do’a awal belajar.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ . رَبِّ الشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْ لِيْ اَمْرِيْ وَحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْا الْقَوْلِيْ , اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ عِلْمًا نَافِعَ وَ رِزْقًا طَيِّبَ وَ عَمَلًا مُتَقَبَّلَا بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ.
3.      Menanyakan kabar kepada siswa.
4.      Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang arti optimis, qana’ah dan tawakkal.
B.     Kegiatan Inti ( 15 Menit)
1.      Guru menjelaskan pengertian sifat optimis, qana’ah dan tawakkal.
2.      Guru memberikan contoh tentang sifat optimis, qana’ah dan tawakkal.
3.      Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui kemampuan anak dalam materi yang telah diajarkan.
4.      Guru memberikan tugas kepada anak secara individu atau berkelompok.
C.    Kegiatan Akhir (2 menit)
1.      Guru dan murid membuat kesimpulan bersama-sama tentang pelajaran tersebut.
2.      Guru memberikan penjelasan hikmah yang terkandung dalam sifat optimis, qana’ah dan tawakkal.
3.      Guru memberikan motivasi kepada siswa yang berkaitan tentang pelajaran tersebut.
4.      Guru dan murid bersama-sama membaca do’a akhir belajar.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ . وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍ . إِلَّا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا وَعَمِلُوْ الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْ بِالْحَقِّ وَ تَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ .
VII.          Metode Pembelajaran :
1.      Metode ceramah
2.      Metode tanya jawab
3.      Metode diskusi
VIII.       Sumber / Media Pembelajaran :
1.      Buku pegangan Akidah Akhlak kelas V.
2.      Papan tulis
3.      Spidol
4.      LCD / power poin
5.      Karton
IX.             Penilaian
1.      Tes Lisan
No
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
Jelaskan pengertian sifat optimis ?


2
Sebutkan 3 macam keuntungan memiliki sifat qana’ah !


3
Sebutkan 3 macam keuntungan memiliki sifat tawakkal !


a.       Format Penilaian Tes Lisan :
No
Nama Siswa
SB
B
C
K
Keterangan
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






Keterangan :
Ø  SB = Sangat Baik
·         Jika anak menjawab dengan cepat dan tepat.
Ø  B = Baik
·         Jika anak menjawab dengan tepat.
Ø  C = Cukup
·         Jika anak menjawab kurang tepat dan lambat.
Ø  K = Kurang
·         Jika anak menjawab salah.
2.      Tes Tertulis Pilihan Ganda
No
Soal
Kunci Jawaban
Skor
1
 Sebelum bertawakkal kita harus ...
a.       Duduk-duduk
b.      Santai saja
c.       Berusaha
d.      Bermalas-malasan
c.Berusaha


2
“Kaya itu bukanlah kaya harta, tetapi kaya ...” (H.R. Bukhari dan Muslim)
9.1.Ilmu
9.2.Saudara
9.3.Jiwa
9.4.Harta
c.Jiwa

3
Orang yang bersifat qana’ah dalam hidupnya akan selalu ...
a.       Bermewah-mewahan
b.      Sombong
c.       Sederhana
d.      Boros
c.sederhana


Hasil Maksimal

100




Amuntai, ... April 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah

..........................................
NIP. ..................................
Guru Bidang Studi    
  Akidah Akhlak      

......................................
NIP. …….............................




0 komentar:

Posting Komentar