PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Madrasah Ibtidaiyah ....
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : V / Semester II
Jam Pertemuan : 1 x 20 menit
I.
Kompetensi Inti :
1.1.Membiasakan akhlak terpuji
II.
Kompetensi Dasar :
1.1.Membiasakan sikap optimis, qana’ah dan tawakkal dalam kehidupan
sehari-hari.
III.
Indikator :
1.
Mampu
memahami akhlak terpuji optimis, qana’ah dan tawakkal.
2.
Mampu
menjelaskan akhlak terpuji optimis, qana’ah dan tawakkal.
3.
Mampu
membiasakan akhlak terpuji optimis, qana’ah dan tawakkal dalam kehidupan
sehari-hari.
4.
Mampu
memahami hikmah akhlak terpuji optimis, qana’ah dan tawakkal.
5.
Mampu
membiasakan diri berakhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan ditempat umum.
6.
Mampu
memahami dan menjelaskan adab ketika ditempat ibadah dan di tempat umum.
7.
Mampu
menunjukkan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum.
8.
Mampu
memberikan contoh berakhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat
umum.
9.
Mampu
membiasakan diri untuk bersikap yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat
umum.
IV.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa
mampu mendengarkan penjelasan tentang akhlak terpuji optimis, qana’ah dan
tawakkal.
2.
Siswa
mampu melakukan tanya jawab tentang akhlak terpuji optimis, qana’ah dan tawakkal.
3.
Siswa mampu menjelaskan akhlak terpuji
optimis, qana’ah dan tawakkal.
4.
Siswa mampu menerapkan akhlak terpuji optimis,
qana’ah dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Siswa mampu mendengarkan penjelasan tentang
akhlak yang baik ketika ditempat ibadah dan di tempat umum.
6.
Siswa mampu melakukan tanya jawab tentang
akhlak yang baik ketika di
tempat ibadah dan di tempat umum.
7.
Siswa mampu menjelaskan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum.
8.
Siswa mampu menerapkan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum dalam kehidupan sehari-hari.
V.
Materi Ajar :
Akhlak terpuji (optimis, qana’ah dan tawakkal) serta
berakhlak yang baik ketika di
tempat ibadah dan di tempat umum.
VI.
Kegiatan Pembelajaran :
A.
Kegiatan Awal (3 Menit)
1.
Mengucapkan
salam.
2.
Membaca
do’a awal belajar.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
. رَبِّ الشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْ لِيْ اَمْرِيْ وَحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ
يَفْقَهُوْا الْقَوْلِيْ , اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ عِلْمًا نَافِعَ وَ رِزْقًا
طَيِّبَ وَ عَمَلًا مُتَقَبَّلَا بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ
لِلَّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ.
3.
Menanyakan
kabar kepada siswa.
4.
Guru memberikan pertanyaan kepada siswa
tentang arti optimis, qana’ah dan tawakkal.
B.
Kegiatan Inti ( 15 Menit)
1.
Guru
menjelaskan pengertian
sifat optimis, qana’ah dan tawakkal.
2.
Guru
memberikan contoh tentang sifat optimis,
qana’ah dan tawakkal.
3.
Guru
memberikan
pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui kemampuan anak dalam materi yang telah
diajarkan.
4.
Guru
memberikan tugas kepada anak secara individu atau berkelompok.
C.
Kegiatan Akhir (2 menit)
1.
Guru
dan murid membuat kesimpulan bersama-sama tentang pelajaran tersebut.
2.
Guru
memberikan penjelasan hikmah yang terkandung dalam sifat optimis, qana’ah dan
tawakkal.
3.
Guru
memberikan motivasi kepada siswa yang berkaitan tentang pelajaran tersebut.
4.
Guru
dan murid bersama-sama membaca do’a akhir belajar.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
. وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍ . إِلَّا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا
وَعَمِلُوْ الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْ بِالْحَقِّ وَ تَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ .
VII.
Metode Pembelajaran :
1. Metode ceramah
2. Metode tanya jawab
3. Metode diskusi
VIII.
Sumber / Media Pembelajaran :
1.
Buku
pegangan Akidah Akhlak kelas V.
2.
Papan
tulis
3.
Spidol
4.
LCD
/ power poin
5.
Karton
IX.
Penilaian
1. Tes Lisan
No
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Jelaskan pengertian sifat optimis ?
|
|
|
2
|
Sebutkan 3 macam keuntungan memiliki sifat qana’ah !
|
|
|
3
|
Sebutkan 3 macam keuntungan memiliki sifat tawakkal !
|
|
|
a. Format Penilaian Tes Lisan :
No
|
Nama Siswa
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Ø
SB = Sangat Baik
·
Jika anak menjawab dengan cepat dan tepat.
Ø
B = Baik
·
Jika anak menjawab dengan tepat.
Ø
C = Cukup
·
Jika anak menjawab kurang tepat dan lambat.
Ø
K = Kurang
·
Jika anak menjawab salah.
2. Tes Tertulis Pilihan Ganda
No
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Sebelum
bertawakkal kita harus ...
a. Duduk-duduk
b. Santai saja
c. Berusaha
d. Bermalas-malasan
|
c.Berusaha
|
|
2
|
“Kaya itu bukanlah kaya harta, tetapi kaya
...” (H.R. Bukhari dan Muslim)
9.1.Ilmu
9.2.Saudara
9.3.Jiwa
9.4.Harta
|
c.Jiwa
|
|
3
|
Orang yang bersifat qana’ah dalam hidupnya
akan selalu ...
a. Bermewah-mewahan
b. Sombong
c. Sederhana
d. Boros
|
c.sederhana
|
|
|
Hasil Maksimal
|
|
100
|
|
Amuntai, ... April 2018
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
..........................................
NIP. ..................................
|
Guru Bidang Studi
Akidah Akhlak
......................................
NIP. …….............................
|
|
0 komentar:
Posting Komentar