A. Pengertian Maf’ul Bih
Menurut dalam kitab Is’afu
thalibi, maf’ul bih adalah “isim yang menashabkan jatuh atasnya oleh
perbuatan.”[1]
Contohnya adalah : ضَرَبْتُ زَيْدًا , maka زيدا menjadi maf’ul bih.
Menurut dalam kitab Mulakhos,
maf’ul bih adalah “isim mansub yang menunjukkan kepada pihak yang di kenai
amalnya fa’il bersamaan dengan tidak berubahnya bentuk fi’il.”[2]
Contohnya : يَطْلُبُ
الْعَاقِلُ اْلعِلْمَ
(Orang yang cerdas selalu menuntut ilmu) jadi, اْلعِلْمَ : maf’ul bih
manshub dengan fathah.
Menurut dalam kitab Nahwu
Wadhih jilid I, maf’ul bih adalah “isim yang dinashabkan suatu
perbuatan yang terjadi padanya.”[3]
Contohnya :
شَدَّاالتَّامِيْذُ الْحَبْلِ : murid itu mengikat
tali
طَوَاتِ اْلبِنْتُ الثَّوْبَ : anak (pr) melipat
baju
أَكَلَ الذِّئْبُ الخَرُوْفِ : serigala memakan domba
Menurut dalam kitab Jurumiyah,
maf’ul bih adalah isim yang di nashabkan yang dikenakan padanya suatu
perbuatan.[4]
Contohnya : ضَرَبْتُ زَيِدًا dan رَكِبْتُ الْفَرَسَ
Menurut dalam kitab Jami’
ad-Durus, maf’ul bih adalah isim manshub yang menunjukkan suatu arti dimana
perbuatan fa’il jatuh padanya, baik dalam posisi itsbat (positif)
ataupun nafi’ (negatif) dan bentuk fi’il sama sekali tidak
berubah.[5]
Contohnya :
(+)بَرَيْتُ الْقَلَم َ (Saya telah meraut pensil)
( - ) مَا بَرَيْتُ الْقَلَمَ (Saya tidak
meraut pensil)
Menurut
dalam kita at-Tuhfatus Saniyyah, maf’ul bih adalah isim manshub yang
menjadi objek perbuatan.[6]
Dari berbagai pendapat
yang di ambil dari buku-buku tersebut, maka ada beberapa pemikiran (pemahaman)
tersendiri yang berbeda-beda, yaitu :
1.
Nayirah[7]
(Cairo, Mesir)
Maf’ul bih adalah objek.
Contoh : ضَرَبَ
مُحَمَّدٌ كَلْبًا .
Maka, كَلْبًا itu menjadi maf’ul
bih. مُحَمَّد menjadi pelakunya,
apa yang dipukul oleh Muhammad.
Jadi, objeknya Muhammad itu adalah kalban (anjing)
yang dipukul.[8]
2. Ahmad Zuhir[9]
(STIQ Amuntai)
Maf’ul bih adalah isim yang
nasab yang menjadi sasaran, korban, objek yang terfi’ili. Maksudnya
adalah yang menjadi sasaran pekerjaan dari subjek atau fa’il.[10]
Contoh : ضرب زيد بكرًuntuk mengetahui yang mana maf’ul kita liat dulu
dari segi makna, dan makna untuk maf’ul bih adalah “akan” yang merupakan
sang objek menurut tatanan bahasa Indonesia, jadi yang dapat menjadi maf’ul
bih dari contoh tersebut adalah بكرًا karena dapat dimaknai dengan “akan” yang artinya adalah “telah
memukul oleh Zaid akan Bakr” (M. Ihsan Maulana[11]
(Jawa Timur))[12]
3.
Jumarliansyah[13]
(STIQ Amuntai)
Maf’ul bih adalah isim yang
manshub (yakni difathahkan akhir kalimatnya) dia menjadi objek dari perbuatan
si fa’il (pelaku).
4.
Ahmad Jumaidi[15]
(STIQ Amuntai)
Maf’ul bih adalah isim
manshub yang menunjukkan sesuatu yang dikenai pekerjaan.
Pengertian mudahnya adalah objek yang dikenai pekerjaan.
5.
Ahmad Muzakki Ihsan[17]
(Jawa Timur, Syari’ah wal Qonun)
Maf’ul bih adalah isim yang
biasanya terletak setelah fa’il. Jadi, apabila kita sudah dapat fa’il
maka otak sudah bekerja harus mencari mana maf’ulnya.
Menurut versi is’af thalibin apabila kalimat itu
bisa dimaknai “akan” berarti itu adalah maf’ul bih.
Contoh : أَكَلَ الْقِطُّ السَّمَكَ .
Kalimat السمك terletak setelah fa’il. Maka dapat disimpulkan bahwa
setelah fi’il baru fa’il kemudian disusul oleh maf’ul bih.[18]
6.
Siti Aisyah Arrahmi[19] (Cairo,
Mesir)
Maf’ul bih adalah suatu kata
dalam kalimat yang menjadi objek. Maf’ul bih barisnya selalu fathah.
7.
Fajar Kurniawan[21]
(STIQ Amuntai)
Maf’ul bih adalah isim yang
manshub, sebagai objek dari perbuatan fa’il (pelaku).
Contoh : أَكَلْتُ السَّمَكَ.
Yang menjadi maf’ul bih adalah السمك dari dhamir mustatir (ت), yang artinya
adalah saya makan ikan. Jadi, ikan (السمك) menjadi maf’ul bih, saya (ت) menjadi fa’il
(subjek) dan fi’ilnya adalah makan (أكل).[22]
8.
Jauharatul Maknuniah[23]
(Cairo, Mesir)
Maf’ul bih adalah objek yang
jadi penderita. Dan barisnya selalu manshub.
Contoh : ضرب زيدا محمدًا
Kata Muhammad menjadi maf’ul bih dari objek
(penderita) yang dipukul. Tetapi ini hanya ada di jumlah fi’liyyah.[24]
9.
Maliani[25]
(STIQ Amuntai)
Dalam istilah bahasa Indonesia kedudukan maf’ul bih
sama dengan objek.
Contoh : إِشْتَرَيْتُ الطَّعَامَ. Maka yang menjadi maf’ul bih adalah الطعام, sebelumnya
itu kita pandang artinya dulu yaitu “aku membeli kue”. Sedangkan maf’ul
bih itu adalah objek dari perbuatan yang menjadi sebuah objek / tindakan
dari الطعام, maka dari
sanalah kita dapat mengenali الطعام itu maf’ul bih.
Jikalau kita tidak mengetahui apa artinya maka kita dapat
melihat (mengingat) tanda – tanda yang memungkinkan untuk menjadi maf’ul bih
misalnya adalah hukumnya nasab, maka apa – apa saja yang termasuk bagian
nasab yaitu berbaris fathah.[26]
10. Dahlina[27]
(STIQ Amuntai)
Maf’ul bih adalah isim
manshub yang terletak setelah adanya predikat (fi’il) dan subjek (fa’il), atau
bisa juga disebut objek (penderita).
Contoh : إشترى زيد برتقا لاً
Kata برتقا لاً menjadi maf’ul bih dan dia berbaris fathah,
karena dia terletak setelah fi’il(إشترى) dan fa’il (زيد) .[28]
Dari penjelasan atau pendapat (pemikiran) sepuluh orang
tersebut, maka penulis menyimpulkan maf’ul bih adalah isim manshub (yang
di fathahkan) yang terletak pada fi’il
dan fa’il, atau dapat dikatakan maf’ul bih adalah “objek atau sasaran
dari kata kerja fi’il yang berharakat fathah.” Maf’ul bih dapat
dikatakan juga sebagai penderita. Dalam kaidah menurut Ilmu Nahwu maf’ul bih
adalah : “isim manshub (isim yang berharakat fathah) yang datang bersama
dengan fi’il (kata kerja).”
Contoh :ضربت الكلب .
Dari contoh tersebut, maka kata الكلب itu merupakan maf’ul bih karena
jadi sasaran yang memukul.
B. Syarat – Syarat Maf’ul Bih
Menurut ahli nahwu maf’ul
bih dimutlakkan kepada kata yang memenuhi syarat 3 perkara, yaitu :
1.
Berupa isim. Jadi, maf’ul bih tidak dapat berupa fi’il ataupun huruf.
2.
Di nashab (di fathahkan). Jadi, maf’ul bih tidak dirafa’kan dan tidak juga
di jar-kan.
3.
Maf’ul bih merupakan objek perbuatan.[29]
C. Pola – Pola Penempatan Maf’ul Bih
1.
فعل – فاعل – مفعول به : قرأ – محمد – القرأن
2.
فعل – مفعول به – فاعل : سأل – النبي – رجل
3.
(فعل – فاعل ) –
مفعول به : سألت رسول الله
4.
(فعل – فاعل –
مفعول به ) : أمرتك
5.
(فعل – مفعول به
) – فاعل : أمرني – رسول الله
6.
مفعول به – (فعل – فاعل ) : إياك – نعبد [30]
D.Macam–Macam dan Pembagian Maf’ul Bih
Dalam kitab Is’afut Thalibin, maf’ul bih terbagi
menjadi dua, yaitu : dzahir dan dhamir.
1.
Dzahir (ظاهر)
Contohnya : ضربت زيدًا
2.
Dhamir (ضمر) ini terbagi menjadi dua macam, yaitu :
1)
Dhamir Muttashil seperti :
ضَرَبَهُ , ضَرَبَهُمَا , ضَرَبَهُمْ , ضَرَبَهَا , ضَرَبَهُمَا , ضَرَبَهُنَّ
, ضَرَبَكَ , ضَرَبَكُمَا , ضَرَبَكُمْ , ضَرَبَكِ ,ضَرَبَكُمَا , ضَرَبَكُنَّ, ضَرَبَنِى ,
ضَرَبَنَا
2)
Dhamir Munfashil seperti :
إِيَّاهُ , إِيَّاهُمَا , إِيَّاهُمْ , إِيَّاهَا , إِيَّاهُمَا , إِيَّاهُنَّ
, إِيَّاكَ , إِيَّاكُمَا , إِيَّاكُمْ , إِيَّاكِ, إِيَّاكُمَا , إِيَّاكُنَّ , إِيَّايَ
, إِيَّانَا
Semua dhamir munfashil ini adalah mabni ‘ala
sukun.[31]
Dalam kitab Jami’ud
Durus, maf’ul bih terbagi menjadi dua yaitu : Sharih dan Ghairu
Sharih.
1. Sharih terbagi menjadi
dua, yaitu :
1)
Dzahir
Contoh : فتح خالد الحيرة
2)
Dhamir Muttashil
Contoh :أكرمتك و أكرمتهم
atau Dhamir
Munfashil
Contoh : إياك نعبد و إياك نستعينatau إياه اريد
2. Ghairu Sharih terbagi
menjadi tiga, yaitu:
1)
Muawwal bi mashdar ba’da harf mashdari (dita’wilkan dengan mashdar setelah huruf mashdar).
Contoh : علمت أنك مجتحد
2)
Jumlah muawwal bi mufrad ( jumlah yang
dita’wilkan dengan isim mufrad)
Contoh : ظننتك تجتحد
3)
Jar wa majrur
Contoh : أمسكت بيدك
Terkadang isim yang majrur menjadi maf’ul bih ghairu
sharih maka huruf jarnya dihilangkan, dengan demikian isim tersebut menjadi
manshub, kemudian disebut dengan (المنصوب على نزع الخافض) yaitu
berstatus nasab dengan menghilangkan huruf jarnya. Maka kembali kepada asalnya
dari nasab (fathah), seperti ucapan penya’ir :[32]
*تَمُرُّوْنَ الدِّيَارَ وَلَمْ تَعُوْجُوْا*
*كَلَامُكُمُ عَلَيَّ إِذَا حَرَامُ*
Artinya :“kalian telah melewati rumah-rumah dan kalian kembali, karena
perkataan kalian padaku haram”
Kata yang bergaris bawah itulah yang menjadi المنصوب على نزع الخافض.
Dalam kitab Mulakhos, maf’ul bih terbagi tiga,
yaitu :
1.
Isim mu’rab, sebagaimana contoh-contoh
yang telah lewat.
2.
Isim mabni (dhamir muttashil atau dhamir
munfashil, isim isyarah, isim maushul, dst)
Contoh : رأيتك (aku telah melihatmu)
“kaf” : dhamir
muttashil mabni pada posisi nashab yaitu maf’ul bih.
3. Mashdar muawwal dari أن فعل + atau أن + isim + khabar.
Contoh :أكدت الصحف أنَّ الأمن مستتب (media cetak menegaskan
bahwa keamanan stabil)
Mashdar muawwal dari أنَّ + isim +
khabar = maf’ul bih.
Adapun juga, terkadang maf’ul
bih lebih dari satu yaitu apabila fi’ilnya termasuk dari fi’il –
fi’il yang menasabkan lebih dari satu maf’ul. Fi’il – fi’il
tersebut adalah :
1.
Fi’il yang menasabkan dua maf’ul yang asal keduanya adalah mubtada
dan khabar, yaitu :
1)
Af’al Zhan[33] :
ظَنَّ خَالَ - حَسِبَ - زَعَمَ - جَعَلَ - هَبْ
2)
Af’al Yaqin :
3)
Af’al Tahwil[35] :
صَبَّرَ – حوَّل – جَعَلَ – ردَّ – اتخذ – تخذ
2.
Fi’il yang menasabkan dua maf’ul yang asal keduanya bukan mubtada
dan khabar, yaitu :
كَسَا – أَلْبَسَ – أَعْطَى – مَنَحَ – سَأَلَ - مَنَعَ[36]
Berbagai yang penulis dapat, maka pembagian maf’ul bih
ada juga berdasarkan tanda nasabnya.
1.
Tanda nasab fathah, terbagi menjadi dua. Yaitu :
Contoh :
أَكَلَ مُحَمَّدٌ الْخُبْسَ
Muhammad telah makan roti
|
يُذَاكِرُ
مُحَمَّدُ اَلدَّرْسَ
Muhammad sedang mengulangi pelajaran
|
ضَرَبَ عَلِيٌّ كَلْبًا
Ali telah memukul anjing
|
تَقْرَأُ
الطَّالِبَاتُ الْجَرِيْدَةَ
Para mahasiswi sedang membaca koran
|
يَقْرَأُ
مُحَمَّدٌ قُرْآنًا
Muhammad sedang membaca al-Qur’an
|
كَتَبَ الْوَلَدُ الدَّرْسَ
Anak itu menulis pelajaran
|
يَفْتَحُ أَحْمَدُ
الْبَابَ
Ahmad sedang membuka pintu
|
ضَرَبَ
الْأُسْتَاذُ وَلَدًا
Guru itu telah memukul anak
|
تَحْمِلُ
فَاطِمَةُ الْقَلَمَ
Fathimah sedang membawa polpen
|
شَرِبَتْ مَرْيَمُ
اللَّبْنَ
Maryam telah minum susu
|
Dari contoh
diatas yang bergaris bawah itu adalah maf’ul bih. Sebelum kata dari
maf’ul bih tersebut dinamakan isim mufrad.
Contoh :
يُعَلِّمُ الْأُسْتَاذُ الطُّلَّابَ
Guru itu sedang mengajar para mahasiswa
|
يَحْمِلُ الْجُنُوْدُ اَلْأَسْلِحَةَ
Para tentara sedang membawa senjata
|
ضَرَبَ الْأُسْتَاذُ الْأَوْلَادَ
Ustadz telah memukul para anak
|
تَحْمِلُ فَاطِمَةُ الْأَقْلَامَ
Fathimah sedang membawa polpen – polpen
|
يَفْتَحُ أَحْمَدُ الْأَبْوَابَ
Ahmad sedang membuka pintu – pintu
|
2.
Tanda nasab kasrah, yaitu :
Contoh :
تَشْتَرِيْ الطَّالِبَاتُ الْمجَلَّاتِ
Para mahasiswi sedang membeli majalah
|
يَجْمَعُ الطُّلَّابُ الْكُرَّاسَاتِ
Para mahasiswa sedang mengumpulkan buku
catatan
|
يَغْسِلُ أَحْمَدُ السَّيَّارَاتِ
Ahmad sedang mencuci banyak mobil
|
3.
Tanda nasab “ya” terbagi menjadi dua, yaitu :
a.
Mutsanna yaitu isim yang menunjukkan dua laki – laki atau
perempuan dengan menambahkan alif, nun, atau ya, dan nun kepada
isim mufrad.[40]
Contoh :
يَحْمِلُ
التِّلْمِيْذُ الْكِتَبَيْنِ
Siswa sedang membawa dua buku
|
تَقْرَأُ الْمُدَرِّسَةُ
الْمَقَالَتَيْنِ
Guru itu sedang membaca dua makalah
|
يَقْبِضُ
الْبُوْلِيْسُ الْمُجْرِمَيْنَ
Polisi sedang menangkap dua penjahat
|
يَنْتَظِيْرُ
الطُّلَّابُ الْحَاضِرَيْنَ
Para siswa itu sedang menunggu dua
hadirin
|
Contoh :
يَقْبِضُ
الْبُوْلِيْسُ الْمُجْرِمِيْنَ
(Polisi sedang menangkap para penjahat )
|
يَنْتَظِيْرُ
الطُّلَّابُ الْحَاضِرِيْنَ
( Para siswa itu sedang menunggu para
hadirin )
|
يُكَلِّمُ الْمُدِيْرُ
الْمُوَظَّفِيْنَ
( Direktur itu sedang berbicara dengan
para pegawai )
|
Pada pembahasan tentang pembagian maf’ul bih,
penulis akan menambahkan beberapa contoh selain dari contoh diatas, yaitu :
Maf’ul bih terbagi dua,
yaitu sharih dan ghairu sharih. Berikut penjelasannya :
1.
Sharih, yang terbagi dua bagian :
a)
Dzahir yaitu maf’ul bih yang terdiri dari isim dzahir
tersebut (bukan kata ganti).
Contoh :
قَتَلَ قِرْدَا جَمِيْلاً
dia membunuh seekor
monyet yang indah))
جميلا
|
قردا
|
قتل
|
|
نعت
|
منعوت
|
مفعول به منصوب بالفتحة
|
فعل الماضى
|
Maf’ul bih diatas adalah berupa isim mufrad ‘alamat nasabnya
fathah.
سَتُلْقِى أَبَاهَا
غَدًا
(Besok dia akan bertemu dengan ayahnya)
غدا
|
أباها
|
ستلقي
|
ظرف الزمان
|
مفعول به منصوب باالألف لأسماء الخمسة
|
فعل المضارع
|
Maf’ul bih diatas adalah berupa asmaul Khamsah dan alamat
rafa’nya adalah alif.
b)
Isim dhamir terbagi menjadi dua, yaitu :
1)
Dhamir muttashil
jumlahnya
ada dua belas.
ضَرَبَكُنَّ
(dia telah memukul kalian (pr))
|
ضَرَبَنِي
(dia telah memukulku)
|
ضَرَبَهُ
(dia telah memukulnya (lk))
|
ضَرَبَنَا
(dia telah memukul kami/kita)
|
ضَرَبَهَا
(dia telah memukulnya (pr))
|
ضَرَبَكَ
(dia telah memukulmu (lk))
|
ضَرَبَهُمَا
(dia telah memukul mereka berdua (lk / pr))
|
ضربكِ
(dia telah memukulmu (pr))
|
ضَرَبَهُمْ
(dia telah memukul mereka (lk))
|
ضَرَبَكُمَا
(dia telah memukul kalian berdua (lk / pr))
|
ضَرَبَهُنَّ
(dia telah memukul mereka (pr))
|
ضَرَبَكُمْ
(dia telah memukul kalian (lk))
|
Yang digaris bawahi diatas
adalah dhamir muttashil yang berkedudukan sebagai maf’ul bih.
Catatan : apabila dhamir muttashil
bersama fi’il maka menjadi maf’ul bih. Apabila dhamir muttashil bersama
isim maka kedudukannya menjadi mudhaf ‘ilaih. Dan, apabila dhamir
muttashil bersama inna dan kawan-kawannya maka kedudukannya menjadi isimnya
inna dan kawan-kawan tersebut.
2)
Dhamir Munfashil ini seperti hal
nya dhamir muttashil. Dhamir ini juga mempunyai 12 macam,
yaitu :
اياي
|
اياهن
|
اياهما
|
اياها
|
اياهم
|
اياهما
|
اياه
|
ايانا
|
اياكن
|
اياكما
|
اياكِ
|
اياكم
|
اياكما
|
اياكَ
|
Contoh : إياك نعبد و إياك
نستعي
2.
Ghairu Sharih, yang terbagi menjadi tiga
bagian. Yaitu :
a.
Muawwal bi mashdar
Contoh : علمت انك مجتحد
Pada contoh
diatas dapat ditakwilkan menjadi : علمت اجتحادك
b.
Jumlah muawwal bi mufrad
Contoh : ظننتك تجتحد
Pada contoh
diatas dapat ditakwilkan menjadi : ظننتك مجتحدا
c.
Manshub binadz’il khafidh yaitu dinasabkan
karena dibuang huruf yang men-jarkannya.
Contoh : دخلت البيت
Kata al-baita menjadi
maf’ul bih manshub binaz’il khafidh, yaitu membuang huruf yang menjarkannya.
Ditakdirkan kepada دخلت في البيت. [42]
E. Hukum – Hukum Maf’ul Bih
Dalam kitab Jami’ud
Durus , hukum maf’ul bih ada empat hukum, yaitu :
1.
Wajib dibaca nashab (fathah).
2.
Boleh membuang maf’ul bih karena ada suatu dalil.
Contoh :
رعت الماشية dan ditanyaka هل رأيت خليلا ؟ maka kamu
jawab رأيتُ, Allah SWT., berfirman :
ما ودّعك ربك
وما قلى (الضحى: 3)
firman Allah : (3,2: طه)
مَا أَنْزَلْنَا عَلَيْكَ القُرآن لِتَشْقَى،
إِلَّا تَذْكِرَةً لِمنْ يَخْشَى
Terkadang muta’addi itu menempati
lazim karena tidak ada kaitan dengan tujuan maf’ul bih, maka maf’ulnya
tidak disebut dan tidak ditaqdir. Seperti firman Allah SWT.,
هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُوْنَ وَالَّذِيْنَ لَا
يَعْلَمُوْنَ .
Af’alul qulub yang menashabkan
dua maf’ul maka boleh membuang kedua maf’ul itu secara bersamaan, dan boleh
juga membuang salah satunya karena ada dalil. Contoh yang dibuang salah satunya
yaitu ucapan ‘Antaroh :
وَلَقدْ
نزَلْتِ، فلا تَظُنِّي غَيْرَهُ * مِنِّي بِمَنْزِلةِ المُحَبِّ
المُكْرَمِ .
Maksudnya adalah فلا تَظُني
غيرَهُ واقعاً dan yang dibuang kedua maf’ulnya secara bersamaan, yaitu : أين
شُرَكائيَ الذين كنتم تَزعمونَ maksudnya : تزعمونهم شُرَكائي dan ungkapan mereka : مَنْ يَسمَعْ يَخَلْ maksudnya : يَخَلْ ما يَسمعُهُ حقاً .
3.
Fi’ilnya boleh dibuang karena ada dalil.
Contoh :
Firman Allah SWT., :
مَاذَا أَنْزَلَ رَبُّكُمْ , قَالُوْا خَيْرًا . اَيْ : اَنْزَلَ خَيْرً
Maksudnya أنزلَ خيراً kamu ditanya, مَنْ أُكرِمُ kamu jawab, العلماءَ maksudnya : أكرمِ
العلماءَ.
4.
Maf’ul bih diakhirkan atau terkadang
didahulukan atas fa’il atau terkadang didahulukan atas fi’il dan fa’il.[43]
F. Mendahulukan
Maf’ul Bih dan Mengakhirkannya
Pada asalnya, fa’il
itu bersambung dengan fi’il, karena fa’il itu seperti bagian dari
fi’il. Kemudian setelahnya datang maf’ul. Terkadang urusannya terbalik,
dan terkadang maf’ul didahulukan daripada fi’il dan fa’il secara
bersamaan. Semua itu ada yang jaiz (boleh), wajib, dan terlarang.[44]
1. Mendahulukan fa’il dan maf’ul salah satu dari keduanya
kepada yang lain.
Boleh mendahulukan maf’ul bih atas fi’il dan
mengakhirkan maf’ul bih atas fa’il. Contoh : كتبَ الدرسَ
زُهيرٌ dan كتبَ زُهيرٌ الدرسَ
Wajib mendahulukan salah satu dari keduanya kepada yang lain ada lima
macam :
a.
Jika ditakutkan
bercampur dan terjadi keraguan dengan sebab menyembunyikan i’rob dengan tidak
disertai qarinah, kemudian tidak diketahui fa’il dan maf’ulnya
maka wajib mendahulukan fa’il. Contoh : وغلَب هذا ذاك . عَلّمَ موسى
عيسى، وأكرمَ ابني أخي apabila dipandang aman dari
pencampuran karena adanya qarinah yang menunjukkan, maka boleh mendahulukan maf’ul.
Contoh : أكرمتْ موسى سَلمى، وأَضنتْ سُعدَى الحُمّى.
b.
Dhamir yang kembali kepada maf’ul bersambung dengan fa’il, maka
wajib mengakhirkan fa’il dan mendahulukan maf’ul. Contoh : أكرم سعيدا
غلامه , firman Allah SWT., وإذْ ابتلى إبراهيمَ رَبُّهُ بكلماتٍ –
يومَ لا ينفع الظّالمينَ مَعذِرتُهم
dan tidak boleh dikatakan أكرم غلامُهُ
سعيداً agar kembalinya dhamir tidak mesti diakhirkan secara
lafadz dan tingkatan, dan hal itu terlarang.
c.
Fa’il dan maf’ul adalah dhamir, dan tidak ada batasan pada
salah satu dari keduanya. Maka wajib mendahulukan fa’il dan mengakhirkan
maf’ul. Contoh :
أَكرمتُه
d.
Salah satu dari
keduanya dhamir muttashil dan yang lainnya adalah isim dzahir.
Maka wajib didahulukan dhamir
dari salah satu keduanya. Maka didahulukan fa’il contohnya أكرمت عليا , dan
didahulukan maf’ul contohnya أكرمني علي .
e.
Apabila salah satunya menjadi sasaran
pengkhususan dari fi’il dengan menggunakan lafadz إلا atau إنما maka maf’ul atau fa’il yang menjadi
sasaran
pengkhususan wajib diakhirkan.[45]
2. Mendahulukan Maf’ul bih atas Fa’ilnya
Boleh
mendahulukan maf’ul bih kepada fi’il dan fa’il secara bersamaan. Yang
menjadikan maf’ul bih wajib di dahulukan ada empat masalah, yaitu :
a.
Maf’ul bih berupa isim syarat, contoh: أيّهم تكْرمْ
أُكرِم atau di mudhafkan pada syarat, contoh : هدي من تتبع
يتبع بنوك
b.
Maf’ul bih beruba isim istifham, contoh :
كم كتابا اشتريت,ما فعلت , منْ أكرمْتَ atau di mudhafkan pada isim istifham, contoh : كتاب من أخذت
c.
Maf’ul bih berupa lafadz كم atau كأيِّنْ yang mempunyai makna
khabariyyah. Contoh : ! كمْ كتبٍ
ملكتُ (banyak sekali kitab yang saya miliki), كأيّن منْ
علمٍ حويتُ (banyak sekali ilmu pengetahuan yang saya himpun).
d.
Maf’ul bih dinasabkan oleh jawabannya lafadz أمّا dan tidak ada isim manshub
yang didahulukan selainnya. Contoh : فأمَّا اليَتِيْمَ فَلاَتَقْهَرْ [46]
3. Mendahulukan Salah Satu dari
dua maf’ul bih
Ada
ketentuan bahwa salah satu dari dua maf’ul bih itu ada yang wajib didahulukan
atas empat macam :
a.
Jika ada keserupaan, maka wajib mendahulukan maf’ul
yang mempunyai hak yang didahulukan, yaitu maf’ul yang pertama. Contoh : أعطيتُك
أخاكَ (saya telah memberikan
engkau kepada saudaramu).
b.
Jika salah satu dari dua maf’ul berupa isim dzahir
atau isim dhamir, maka wajib mendahulukan isim dhamir dan mengakhirkan maf’ul
bih yang berupa isim dzahir.
Contoh : أعطيتُكَ
درهماً
c.
Jika salah satu maf’ul bih menjadi sasaran
pengkhususan dari fi’il dalam hal ini wajib mengakhirkan maf’ul bih, baik
berupa maf’ul awwal ataupun maf’ul tsani.
Contoh : ما أعطيْتُ سعدًا الاّ درهماً
d.
Maf’ul bih memakai dhamir dan kembali kepada maf’ul
tsani, maka wajib mengakhirkan maf’ul awwal dan mendahulukan maf’ul tsani.
G. Lafadz Yang Menyerupai Maf’ul
Bih
Apabila
lafadz yang di ‘amalkan oleh sifat musyabbahah ma’rifah, maka mempunyai hak
dibaca rafa’ karena sebagai fa’il, contoh : (Ali adalah orang yang baik budi
pekertinya), hanya saja apabila bertujuan untuk makna muballaghah, maka mereka
memindahkan fungsinya dengan cara sifat musyabbihat itu merafa’kan fa’il yang
merupakan dhamir yang tersimpan kembali ke lafadz sebelumnya.[48]
Kemudian
yang awalnya menjadi fa’il dibaca nashab berfungsi sebagai lafadz yang
menyerupai maf’ul bih. Contoh : dengan dibaca nasab pada lafadz yang menyerupai maf’ul bih. Sebab sifat musyabihat
adalah lazim, artinya tidak dapat menashabkan maf’ul bih, dan juga bukan tamyiz
karena berupa isim ma’rifah. Sedangkan ketentuan tamyiz adalah berupa isim
nakirah.[49]
LATIHAN dan PEMBAHASAN
Perhatikan
contoh soal-soal berikut :
a. يَقْرَأُ أَحْمَد الكِتَابَ
b. أَخَذَ مُحَمَّد مِنَ الْمَكْتَبَةِ كِتَابًا
c. اَلْهَكُمُ التَّكَاثُرَ
d.
حَتَّى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ
e.
وَرَأَيْتَ النَّاس يَدْخُلُوْنَ فِي دِيْنِ الله أفواجَا
f.
إِيَّاكَ نَعْبُد
Dari soal – soal diatas, maka kita akan membahas satu persatu :
1.
Kata يقرأ (membaca) menjadi fi’il , أحمد menjadi fa’il, dan الكتاب adalah maf’ul bih yang sesudahnya adalah kata fi’il dan fa’il.
2.
Yang menjadi maf’ul bih dari kalimat أخذ محمد من
المكتبة كتابا adalah kata كتابا, karena kata ini adalah maf’ul bih dzahir (kata benda bukan
kata ganti).
3.
Dari ayat tersebut, kata اله menjadi fi’il, dan kata كم menjadi maf’ul bih, yang menjadi
fa’il adalah kata التكاثر. Jenis maf’ul bih dari ayat ini adalah isim dhamir yaitu lafadz
كم (kamu).
4.
Kata yang menjadi maf’ul bih adalah kata المقابر, karena sebelum kata tersebut
adalah adanya fi’il (رز) dan fa’il (تم).
5.
Kata رأي menjadi fi’il,
ت menjadi fa’il
dan kata الناس menjadi maf’ul
bih, karena kata tersebut adalah isim dzahir dan barisnya dinasabkan.
6.
Kata إياك adalah isim
dhamir munfashil yang menjadi maf’ul bih, karena kata ك adalah berupa
kata ganti yang artinya kamu. Dan kata نعبد yang artinya kami beribadah,
maka kata ن tersebut
menjadi fa’il dan عبد menjadi fi’il.
KUMPULAN
KOSA KATA
Dahulu
|
:
|
قَدِيْمٌ
|
Putih
|
:
|
أَبْيَضٌ
|
Dokter
|
:
|
طَبِيْبٌ
|
Merah
|
:
|
أَحْمَرٌ
|
Rajin
|
:
|
مُجْتَحِدُ
|
Hijau
|
:
|
أَخْضَرُ
|
Pagi –
pagi
|
:
|
مُبَكَّرًا
|
Biru
|
:
|
أَزْرَقُ
|
Bersih
|
:
|
نَظِيْفٌ
|
Singa
|
:
|
الأَسَدُ
|
Coklat
|
:
|
أَسْمَرٌ
|
Hitam
|
:
|
أَسْوَدُ
|
Sepak
bola
|
:
|
كُرَةَ ااْقَدَمُ
|
Membeli
|
:
|
اشْتَرَى
|
Ramai,
padat
|
:
|
مُزْدَحِمَةٌ
|
Kuning
|
:
|
أَصْفَرُ
|
Mencintai
|
:
|
حَبَّ – حُبًّا
|
Warna
|
:
|
أَلْوَانُ
|
Penting
|
:
|
ضَرُوْرِيٌّ
|
Latihan
/ ujian
|
:
|
امْتِحَانُ
|
Universitas
|
:
|
جَامِعَةٌ
|
Jingga
|
:
|
بُرْتُقَالِي
|
Nampak
|
:
|
ظَهَرَ
|
Sapi
|
:
|
بَقَرَةٌ
|
Dingin
|
:
|
بَارِدٌ
|
Lantai
|
:
|
بَادَ
|
Juara
|
:
|
بَطَلَ (ج : أَبْطَالٌ)
|
Ungu
|
:
|
بَنَفْسَجِي
|
Hias
|
:
|
زَانَ – زَيْنًا
|
Rumah
|
:
|
بَيْتٌ
|
Mudah,
gampang
|
:
|
سَهْلٌ
|
Program
|
:
|
جَائِزَةٌ
|
Pelan
|
:
|
بَطِيْئٌ
|
Handphone
|
:
|
جَوَّالٌ
|
Memilih
|
:
|
اخْتَارَ
|
Tas
|
:
|
حَقِيْبَةً
|
Menyangka
|
:
|
ظَنَّ
|
Dinding
|
:
|
خِزَانَةُ
|
Meningkat
|
:
|
ارْتَفَعَ
|
Memaksa
|
:
|
خَزَا – خَزْوًأ
|
Terlambat
|
:
|
مُتَأَخِّرًا
|
Selalu
|
:
|
دَائِمًا
|
Zaman, masa
|
:
|
زَمَانٌ
|
Belajar
|
:
|
دَرَسَ
|
Waktu
|
:
|
وَقْتٌ
|
Membayar
|
:
|
دَفَعَ
|
Bengkok
|
:
|
مُعَوَّجٌ
|
Menemani
|
:
|
رَافِقٌ
|
Sedih
|
:
|
حَزِنَ
|
Jalan- jalan
|
:
|
رِحْلَةُ
|
Lemah
|
:
|
ضَعِيْفٌ
|
Mengendarai
|
:
|
رَكِبَ
|
Labotarium
|
:
|
مُخْتَبَرٌ ج مُخْتَبَرَاتٌ
|
Abu – abu
|
:
|
رَمَادِي
|
Melepas
|
:
|
خَلَعَ – خَلْعًا
|
Olahraga
|
:
|
رِيَاضَةٌ
|
Kuat
|
:
|
قَوِيٌّ
|
Cepat
|
:
|
سَرِيْعٌ
|
Sedikit
|
:
|
قَلِيْلٌ
|
Kapal
|
:
|
سَفِيْنَةٌ
|
Meletakkan
|
:
|
وَضَعَ
|
Teh
|
:
|
شَايَّ
|
Membantu
|
:
|
مُسَاعَدَةُ
|
Jernih
|
:
|
الصَّافِيُّ
|
Menjual
|
:
|
بَيْعٌ
|
Dapur
|
:
|
طَبَخَ
|
Lurus
|
:
|
مُسْتَقِيْمُ
|
Heran, kagum
|
:
|
عَجِبُ
|
Bertambah
|
:
|
يَزِيْدُ
|
Jus
|
:
|
عَصِيْرٌ
|
Kering
|
:
|
جَافُ
|
Libur
|
:
|
عُطْلَةُ
|
Putaran
|
:
|
دَوْرَةٌ
|
Buka
|
:
|
فَتَحَ
|
Nasehat
|
:
|
نَصَحَ
|
Menemui
|
:
|
قَابِلٌ
|
Mahal
|
:
|
غَالِيٌّ
|
Anting
|
:
|
قُرْطُ
|
Melempar
|
:
|
رَمَى
|
Memetik
|
:
|
قَطِفٌ
|
Debat
|
:
|
جَادَلَ
|
Perpustakaan
|
:
|
مَكْتَبَةٌ
|
Setengah
|
:
|
نِصْفٌ
|
Kesulitan
|
:
|
كُرِبَ
|
Pintar
|
:
|
مَاهِرٌ
|
Pertandingan
|
:
|
مُبَارَةٌ
|
Tertawa
|
:
|
ضَحِكَ
|
Tercela
|
:
|
مَذْمُوْمٌ
|
Kira – kira
|
:
|
تَقْرِيْبًا
|
Meniup
|
:
|
نَفَخَ
|
Biasanya
|
:
|
عَادَةً
|
Merah muda
|
:
|
وَرْدِيٌّ
|
Berharap
|
:
|
رَجَا
|
Manis
|
:
|
حَلَا – حَلَاوَة ً
|
Tetap
|
:
|
رَثَطَ – رُثُوْطًا
|
Menjaga
|
:
|
حَرَسَا - حَرَسًا
|
Meratapi
|
:
|
رَثَى
|
Menahan
|
:
|
سَجَنَ – سَجْنًا
|
Cerdik
|
:
|
ثَقَفَ – ثَقَفًا
|
Lari
|
:
|
شَدَّ – شَدًّا
|
Bunga teratai
|
:
|
البَشْنِيْنُ
|
Buruk
|
:
|
قَبَحَ – قَبْحًا
|
Bingung
|
:
|
تَلِهَ – تَلَهَا
|
Menghasut
|
:
|
مَاْرَ – مَأْرً
|
Menyimpang
|
:
|
جَاحَ – جَوْحًا
|
Mengambil
|
:
|
نَعَثَ – نَعْثًا
|
Bermain
|
:
|
لَعِبَ
|
Mengantuk
|
:
|
نَعَسَ – نَعَسًا
|
Menetapi
|
:
|
ثَكَمَ – ثَكْمًا
|
Kurus
|
:
|
هَزَلَ – هُزُلًا
|
Menutupi
|
:
|
كَفَنَ – كَفْنًا
|
Memanggang
|
:
|
شَوَى – شَيًّا
|
Menundukkan
|
:
|
رَاضَ – رَوْضًا
|
Melarang
|
:
|
زَبَرَ – زُبْرًا
|
Mengangkat
|
:
|
نَتَقَ – نَتْقًا
|
Mengumpulkan
|
:
|
هَبَشَ – هَبْشًا
|
Mengikat
|
:
|
كَبَلَ – كَبْلًا
|
Terhapus
|
:
|
عَمَسَ – عَمْسًا
|
Menggali
|
:
|
رَكَا – رَكْوًا
|
Cekatan
|
:
|
هَبَصَ – هَبْصًا
|
Mencabut
|
:
|
هَذَبَ – هَذْبًا
|
Menodai
|
:
|
عَمَطَ – عَمْطًا
|
Membual
|
:
|
فَشَرَ
|
Zebra
|
:
|
زِيْرَا
|
Menari
|
:
|
رَقَصَ – رَقْصًا
|
Memindahkan
|
:
|
نَقَلَ – نَقْلًا
|
Kijang
|
:
|
اليَعْفُوْرُ
|
Gelap
|
:
|
دَجَا – دَجْوًا
|
Tersebar
|
:
|
فَشَا – فُشُوًا
|
Bersuara
|
:
|
نَقَّ – نَقِيْقًا
|
Lemah
|
:
|
دَانَ – دَوْنًا
|
Haus, dahaga
|
:
|
ظَمِئَ – ظَمْأً
|
Gelang
|
:
|
اليَرَجُ
|
Melumuri
|
:
|
ضَمَجَ – َضَمْجًا
|
Mencelupkan
|
:
|
غَطَّ – غَطًّا
|
Mencampur
|
:
|
مَاشَ – مَيْشًا
|
Menyapu
|
:
|
خَمَّ – خَمًّا
|
Menggenggam
|
:
|
ضَبَثَ – ضَبْثًا
|
Tangkas
|
:
|
أَرِنَ – أَرَنًا
|
Mengambil
|
:
|
قَبَصَ – قَبْصًا
|
Apotek
|
:
|
صَيْدَلِيَّةُ
|
Menangkap
|
:
|
لَقِفَ – لَقْفًا
|
Meneguk
|
:
|
جَرَعَ - جَرْعًا
|
Menuang
|
:
|
صَبَّ – صَبًّا
|
Kelinci
|
:
|
أَرْنَبٌ
|
Jatuh
|
:
|
سَقَطَ – سُقُوْطًا
|
Bejana
|
:
|
الإِعَاءُ
|
Menikam
|
:
|
نَثَجَ – نَثْجًا
|
Duduk
|
جَلَسَ
|
Cangkir
|
كُوْبٌ
|
||
Jam
|
سَاعَةٌ
|
Pergi
|
ذَهَبَ
|
||
Hujan
|
مَطَرٌ
|
Pakaian
|
مَلَابِسُ
|
||
Tikus
|
فَأْرٌ
|
air
|
مَاءٌ
|
Daftar Pustaka
Al–Ahdal, Muhammad bin Ahmad. Al
– Kawakib ad – Durriyah Syarah Mutammimah al – Jurumiyah Juz II. Surabaya
: Darul Ilmi
Al – Jarim, Ali dan Musthafa
Amin. An – Nahwul Wadhih Fii Qawa’idi al – Lughah al –‘Arabiyyah Lil
Madaris al –‘Ibtida’iyyah. Mesir : al – Matba’ah al – Ma’arif.
Al-Gulayaini,
asy – Syaikh Musthafa. 1972. Jami’ ad – Durus al – ‘Arabiyyah.
Beirut : al- Maktabah al – ‘Asriyyah
Darsono
dan Ibrahim. 2013. Fasih Berbahasa Arab 2. Solo : PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri.
Huda,Miftahul.2013.http://miftahulwakaka.blogspot.com/2013/10/maful-bih-lengkap.html
Munawwir,
Ahmad Warson. 1997. Kamus al – Munawwir Arab – Indonesia.
Surabaya : Pustaka Progressif
Ni’mah,
Fuad. Mulakhos Qawa’idil Lughatil ‘Arabiyyah. Beirut :
Darul al – Tsiqafah al – Islamiyyah
Unus,
Muhammad Syukuri. 1988. Is’afut Thalibin Fii ‘Ilmu Nahwu. Banjar
Masin : Murni
Abdul
Hamid, Muhammad Muhyiddin. Tuhfatus Saniyyah Bi Syarhil Muqaddimah al –
Jurumiyyah. 1994. Darus Salam.
[1].H. Muhammad Syukri Unas. Is’afu
thalibin. (Banjar Masin : Cetakan ke3 1408 H – 1988 H), Hlm. 91
[2].Fu’ad Ni’mah. Mulakhos
(Qawa’id al-Lughah ‘Arabiyyah). (Beirut : PT. Darus Tsaqafah al-Islamiyah).
Hlm. 66
[3].Ali al-Jarim dan Musthafa Amin. An-nahwul
Wadhih Jilid 1. (Surabaya : al-Hikmah). Hlm. 31
[4].Syaikh Muhammad Abdul Bari
al-Ahdal. Jurumiyyah Mutammimah. (Surabaya : Darul Ilmi). Hlm. 3
[5].Syaikh
Musthafa al-Ghalayaini. Jami’ud Durus al-‘Arabiyyah Jilid 3. (Beirut
1330 H / 1912 M) : Darul Hadits (Mesir)). Hlm. 5
[6]. Muhammad
Muhyidin Abdul Hamid.Tuhfatus Saniyah Syarhil Muqaddimah
al-Jurumiyah. (Darus
Salam : 1994).Hlm.
123
[7].
Nayirah adalah seorang mahasiswi yang melanjutkan kuliah di Universitas
al-Azhar, dan dia sempat menduduki di STIQ
Amuntai beberapa bulan sebelum melanjutkan ke Cairo Mesir. Beliau berasal dari Haur Gading.
[8].wawancara
yang dilaksanakan pada hari jum’at, 25 Maret 2016 pukul 17 : 21, melalui BBM.
[9].Ahmad
Zuhir adalah seorang mahasiswa
di STIQ Amuntai (semester VI) dengan mengambil jurusan PBA pada angkatan 2013. Beliau
sekarang menjabat sebagai bendahara SENAT di kampus STIQ.
[10].wawancara yang dilaksanakan pada
hari jum’at, 25 Maret 2016 pukul 16 : 30, melalui SMS.
[11].Beliau adalah seorang mahasiswa
dari Yaman (al-Ahghaf), namun untuk sementara beliau melanjutkan ke Gresik di
Jawa Timur jurusan Syari’ah wal Qonun.
[12].wawancara yang dilaksanakan pada
hari jum’at, 25 Maret 2016 pukul 22 : 22, melalui BBM
[13].Beliau juga seorang mahasiswa di
STIQ (semester VI) jurusan PBA.
[14].wawancara yang dilaksanakan pada
hari jum’at, 25 Maret 2016 pukul 16 : 13, melalui BBM
[15].Beliau adalah seorang mahasiswa
di STIQ (semester VI) jurusan PBA, yang sekarang ini menjabat sebagai ketua
SENAT di Kampus. Beliau menjabat dari tahun 2015 hingga sekarang (2016).
[16].wawancara yang dilaksanakan pada
hari jum’at, 25 Maret 2016 pukul 17 : 28, melalui BBM.
[17].Beliau adalah seorang mahasiswa
yang pernah mondok di MA Nipa Rakha, kemudian melanjutkan ke Universitas di
Yaman (al-Ahghaf), namun sekarang beliau sedang melanjutkan di Gresik dengan
jurusan Syari’ah wal Qonun.
[18].wawancara yang dilaksanakan pada
hari jum’at, 25 Maret 2016 pukul 16 : 38, melalui BBM
[19].Rahmi adalah nama panggilannya,
beliau adalah salah satu alumni MA Nipi Rakha dan sekarang sedang melanjutkan
ke Universitas al-Azhar. Beliau berasal dari Tanjung.
[20].wawancara yang dilaksanakan pada
hari jum’at, 25 Maret 2016 pukul 16 :
00, melalui BBM.
[21].Beliau adalah seorang mahasiswa
STIQ yang berada di semester IV dengan jurusan PBA.
[22].wawancara yang dilaksanakan pada
hari jum’at, 25 Maret 2016 pukul 18 : 36,
melalui BBM.
[23].Maknun adalah nama yang sering
penulis panggil, beliau adalah salah satu alumni Rakha selama 6 tahun. Bisa
dikatakan bahwa beliau adalah pakar Ilmu Nahwu, karena ayah beliau adalah salah
satu guru penulis sewaktu sekolah di Pondok Rakha yang mengajarkan Ilmu Nahwu
(Mu’allim Masiani). Beliau berasal dari Kota Raja.
[24].wawancara yang dilaksanakan pada
hari jum’at, 25 Maret 2016 pukul 20 : 45, melalui BBM.
[25].Maliani adalah salah satu
mahasiswi di STIQ semester IV jurusan PBA, beliau sekarang menjabat sebagai
wakil ketua BOM (Badan Otonomi Mahasiswi) di kampus.
[26].wawancara yang dilaksanakan pada
hari sabtu, 26 Maret 2016 pukul 23 : 21, melalui BBM.
[27].Dahlina adalah salah satu
mahasiswi semester II jurusan PBA, beliau juga salah satu alumni Rakha selama 6
tahun.
[28].wawancara yang dilaksanakan pada
hari senin, 28 Maret 2016 pukul 09 : 00, melalui secara langsung.
[29].Muhammad
Muhyidin Abdul Hamid.Tuhfatus Saniyah Bi Syarhil Muqaddimah
al-Jurumiyah. (Darus
Salam: 1994).Hlm.
123 - 124
http://mae0703.blogspot.com/2014/03/makalah-pembahasan-maful-bih.htmldi
akses pada tanggal 23 Maret 2016 pukul 16:45
[31].H. Muhammad Syukri Unas. Is’afu
thalibin. (Banjar Masin : Cetakan ke3 1408 H – 1988 H), Hlm. 91
[32] . Syaikh
Musthafa al-Ghalayaini. Jami’ud Durus al-‘Arabiyyah Jilid 3. (Beirut
1330 H / 1912 M) : Darul Hadits (Mesir)). Hlm.5 – 6
[34].
Af’al Yaqin yang bermakna mengetahui
[36].Yang
bermakna mencegah – meminta – memberikan – memberikan – memakaikan /
menyelimuti – memakaikan / menyelimuti.
[37].Fu’ad
Ni’mah. Mulakhos (Qawa’id al-Lughah ‘Arabiyyah). (Beirut : PT. Darus Tsaqafah al-Islamiyah).
Hlm.21
[38]. Fu’ad
Ni’mah. Mulakhos (Qawa’id al-Lughah ‘Arabiyyah). (Beirut : PT. Darus Tsaqafah
al-Islamiyah). Hlm 21
[39] .
Fu’ad Ni’mah. Mulakhos (Qawa’id al-Lughah ‘Arabiyyah). (Beirut : PT. Darus Tsaqafah
al-Islamiyah). Hlm. 21
http://sinaubahasaarab.blogspot.com/2013/03/maful-bih-objek-31.html
diakses pada tanggal 26 Maret 2016 pukul 14:15
[43] . Syaikh
Musthafa al-Ghalayaini. Jami’ud Durus al-‘Arabiyyah Jilid 3. (Beirut
1330 H / 1912 M) : Darul Hadits (Mesir)). Hlm. 6 – 7
[45] . Syaikh
Musthafa al-Ghalayaini. Jami’ud Durus al-‘Arabiyyah Jilid 3. (Beirut
1330 H / 1912 M) : Darul Hadits (Mesir)). Hlm. 8 – 9
[47].Syaikh
Musthafa al-Ghalayaini. Jami’ud Durus al-‘Arabiyyah Jilid 3. (Beirut
1330 H / 1912 M) : Darul Hadits (Mesir)). Hlm 11 – 12
[48].Ibid.
Hlm 12 – 13
[49].Miftahul Huda, Maf’ul Bih
Lengkap (2013).
http://miftahwakaka.blogspot.com/2013/10/mafil-bih-lengkap.html
diakses pada tanggal 25 maret 2016 pukul 17:50
0 komentar:
Posting Komentar