Guru Profesional

Bagaimana Menjadi Seorang Guru Yang Profesional ?


   Menjadi seorang guru yang professional tidaklah mudah, karena seorang guru harus mempunyai kompetensi yang baik. Seorang guru tidaklah hanya untuk mengajarkan pelajaran ini itu saja, namun seorang guru harus bisa menguasai keadaan dalam kelas, dan guru juga harus memahami karakteristik anak masing – masing. Jikalau seorang guru itu hanya diam, sekedar menyampaikan saja dalam kelas, maka murid pun akan cenderung cepat bosan dalam belajarnya. Maka dari itu, untuk menjadi guru profesional dapat kita lakukan sebagai berikut :
1.      Seorang guru dapat menciptakan suasana kelas dengan asyik / tanpa membuat bosan dalam kelas tersebut.
2.      Seorang guru haruslah berprilaku baik, sopan, sabar, rapi, dan tegas. Berusalah untuk menjadi seorang guru yang penyabar, tidak pemarah, karena jika terbawa sifat seperti ini maka anak kemungkinan besar tidak akan betah belajar dengan guru seperti ini.
3.      Seorang guru harus adil / tidak pilih kasih sayang. Misalkan ada beberapa anak, yang dapat kita kelompokkan yang satu kelompok bagian dari anak – anak yang nakal / susah diatur, dan kelompok yang kedua dari anak – anak yang cerdas. Sebagai seorang guru haruslah bisa mengatur emosi saat berhadapan situasi seperti ini. Anak yang biasanya susah diatur / yang nakal itu, mereka cenderung minta perhatian kepada orang lain, jikalau kita hanya sering dekat dengan kumpulan anak – anak yang cerdas, maka mereka akan merasa bahwa dia itu diremehkan oleh gurunya. Usia anak – anak yang di ajarkan di jenjang dasar, mereka mudah terbawa oleh perasaan. Untuk itu, seorang guru haruslah bisa untuk memahami perasaan dari siswa masing – masing.
4.      Untuk menjadi seorang guru yang profesional, alangkah baiknya jikalau seorang guru tidak memegang buku pegangan saat mengajar. Karena, dari cara seorang guru menyampaikan tersebut siswa akan lebih memperhatikan apa yang di jelaskan sang guru di depan.
5.      Saat menyampaikan pelajaran / menjelaskan suara guru haruslah lantang, dan terdengar oleh siswa. Usahakanlah untuk bersuara lantang (tidak pelan). Di saat guru berbicara sangat pelan, maka anak tidak terlalu memperhatikan apa yang dijelaskan gurunya didepan. Ketika guru mempunyai suara yang keras / lantang maka anak cenderung akan lebih memperhatikannya. Namun, di sisi lain ketika suara sang guru itu lantang maka harus terdengar jelas (di mengerti anak).
6.      Untuk menjadi guru yang profesional hendaklah mencoba untuk memulai berfikir rileks, jadikanlah murid itu sebagaimana dia adalah teman kita sendiri, dengan begitukita akan mudah untuk berkomunikasi dengannya.
7.      Seorang guru harus banyak memiliki wawasan / info – info yang sedang hangat dibicarakan saat itu. Ketika seorang guru mempunyai banyak cerita, maka sang guru pun akan mudah untuk bercerita dengan murid – muridnya di sela – sela pelajaran.
Konsep yang penulis tulis diatas, sebagian dari pemikiran tersendiri karena di ambil dari sebagian pengalaman tersendiri, dan sebagian juga diambil dari pokok – pokok dalam buku dan berbagai situs – situs wibsite.
Tak semudah untuk menjadi seorang guru yang profesional itu, karena mereka membutuhkan kriteria – kriteria yang seperti disebutkan tersebut. Jikalau hati kita merasa mampu / bertekad (yakin) dengan kemampuan diri kita sendiri untuk menjadi seorang guru yang baik, maka dengan mudahnya kita akan membentuk bagaimana karakter – karakter yang harus dimiliki seorang guru yang baik itu.
Guru adalah pendidik kedua setelah ibu kita dirumah, seorang guru juga bisa mempengaruhi sikap anak, apa yang diajarkan seorang guru maka cenderung anak akan meniru apa yang dilakukan seorang guru.
Guru yang profesional akan dapat membuat sesuatu yang lebih baik, karena seorang guru yang profesional ini mempunyai kemampuan lebih yang dapat dia lakukan dengan pemikirannya sendiri.
Seseorang yang dikatakan guru profesional adalah yang dapat membuat keadaan kelas berubah menjadi lebih nyaman, tenang, damai, dan segala hal yang membuat para siswa nyaman dengan seorang guru tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar